Sabtu, 12 Januari 2019

A.Kompetensi dasar

PERAWATAN BERKALA PADA KOMPUTER


Tidak hanya mobil, sepeda motor dan perangkat lain yang perlu perawatan secara berkala, computer juga memerlukan perawatan secara berkala sehingga computer menjadi segar lahir batin.
Seperti mobil yang kinclong dan seger juga banter akan membuat pemilik mobil senang berada di kendaraannya. Menjaga computer/laptop agar tetap kinclong dan seger juga banter akan membantu kita untuk bekerja lebih nyaman dan senang serta betah berlama-lama di depan komputer.
Lakukan perawatan berkala setidaknya sebulan sekali, baik perawatan fisik (hardware) maupun perawatan non fisik (software).
Hardware yang kotor akan mengakibatkan computer menjadi cepat panas dan mengakibatkan computer bekerja lebih lambat.
Hardisk yang penuh dan program yang terlalu banyak juga akan mengakibatkan kinerja computer menjadi lebih lambat.
Perawatan secara fisik dapat dilakukan dengan :
1. Bersihkan dengan lap basah/lembab sehingga debu yang menempel ikut tersapu oleh lap basah.
2. Bercak-bercak kotor atau casing yang sudah mulai kuning dapat dibersihkan bantuan lap basah yang diberi dengan sabun cair pencuci piring.
3. Membersihkan dari debu dengan menggunakan kuas untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau oleh lap.
4. Bersihkan kisi-kisi dan kipas dengan kuas, bila perlu dengan bantuan lidi. Bila masih juga sulit untuk menghilangkan debu yang menumpuk, dapat juga digunakan vacuum cleaner yang kekuatannya tidak terlalu besar terutama di bagian kipas.
Perawatan non fisik dapat dilakukan dengan :
1. Instal aplikasi yang digunakan saja
2. Matikan aplikasi/program pada start up yang tidak perlu
3. Lakukan penghapusan file backup secara manual (seperti : file backup CorelDRAW, AutoCAD dll yang tidak bisa dilakukan secara otomatis)
4. Bila memiliki media penyimpanan data lain, lakukan backup data ke media tersebut kemudian kurangi jumlah file yang ada di hardisk computer/laptop agar kerja hardisk lebih ringan
5. Lakukan scanning antivirus
6. Lakukan disk cleanup
7. Lakukan disk defragment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Kesalahan Dalam Merakit PC

10 Kesalahan Dalam Merakit PC Salah pemasangan pada jumper motherboard Langkah yang harus di lakukan ialah cabut semua yang terpas...